Kamis, 05 Februari 2015

Perkembangan Bahasa Indonesia


PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA

Sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan hari penting bagi Bangsa Indonesia apalagi bagi perkembangan bahasa. Prof. Dr. A. Teeuw, menyebut peristiwa ini sebagai pembaptisan bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia.
Sejak saat itu bahasa Indonesia berkembang terus. Peristiwa kemerdekaan negara, pada tanggal 17 Agustus 1945, semakin mengokohkan kedudukan bahasa Indonesia. Apalagi pada tanggal 18 Agustus 1945, bahasa Indonesia dikukuhkan menjadi bahasa negara.
Dengan semakin berkembangnya Bahasa Indonesia, maka dirasa perlu ada pembakuan terhadap Bangsa Indonesia tersebut. Dengan pertimbangan tersebut, maka pada tahun 1972, diresmikan Ejaan Yang Disempurnakan untuk seluruh bangsa Indonesia. Ejaan ini, merupakan hasil penyempurnaan terhadap ejaan Suwandi. Setelah itu dikeluarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan Pedoman Istilah, sebagai lampiran keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, tanggal 27 Agustus 1975.
Setelah lewat 10 tahun, sejak dikeluarkannya kedua pedoman tersebut, terbitlah buku Tata bahasa Baku Bahasa Indonesia bersama Kamus Besar Bahasa Indonesia, pada tanggal 28 Oktober 1988. Dengan pembakuan ini, bahasa Indonesia semakin mantap. Bahasa Indonesia jadi memiliki fungsi-fungsi yang dimiliki bahasa baku, yaitu sebagai berikut :
a.       Fungsi Pemersatu
b.      Fungsi Penanda Kepribadian
c.       Fungsi Penambah Kewibawaan
d.      Fungsi sebagai kerangka acuan
Cara-cara perkembangan Bahasa Indonesia :
a.       Evolusi bahasa, yaitu perkembangan yang disebabkan oleh daya gerak yang dimungkinkan oleh keadaan bahasa itu sendiri, tanpa pengaruh langsung bahasa lain atau disebut internal forses.
b.      Peminjaman bahasa, yaitu perkembangan yang disebabkan oleh persinggungan pemakai-pemakai Bahasa Indonesia dengan pemakai bahasa lain, sehingga berbagai unsur bahasa lain menjadi bagian Bahasa Indonesia, disebut juga external forses.
Bahasa-bahasa yang mempengaruhi perkembangan bahasa Indonesia
Bahasa-bahasa yang mempengaruhi perkembangan bahasa Indonesia, dapat dikelompokkan ke dalam dua kelompok, yaitu :
    1.      Bahasa yang tidak mempunyai hubungan kekeluargaan dengan bahasa Melayu, misalnya : Bahasa Sanskerta, Inggris, Belanda, dan lain-lain.
      2.      Bahasa yang mempunyai hubungan kekeluargaan dengan bahasa Melayu seperti bahasa Jawa, Bahasa Minangkabau, Bahasa Batak, Bahasa Sunda dan berbagai bahasa daerah lain di Indonesia.

Daftar Pustaka :
Supriyadi, dkk. 1997. Pendidikan Bahasa Indonesia 4. Jakarta : Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar